6 Manfaat Melakukan PHBS - Semakin Dekat Dengan Kesusksesan


RUMAHPENULIS.COM - Melakukan PHBS (Perilaku Hidup Sehat dan Bersih) setiap hari berarti melakukan upaya menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. 

PHBS sangat bermanfaat jika dilakukan secara berkala dan teratur.

Baca Juga : 10 Indikator PHBS

Apa saja yang akan didapat ketika melakukan PHBS tersebut? 


Manfaat Melakukan PHBS

1. Terhindar akan berbagai macam penyakit

Melakukan PHBS secara otomatis kita melakukan upaya pencegahan dari berbagai macam penyakit.

Hal ini karena kita mengkonsumsi makanan yang bergizi dan melakukan tindakan preventif seperti contohnya 3M (menguras, menutup dan mengubur) genangan air yang menjadi tempat sarang nyamuk. 


2. Lebih berenergi dan bersemangat

Salah satu indikator PHBS adalah memakan makanan yang bergizi, hal itu akan menjadikan tubuh kita lebih berenergi dan bersemangat menjalani kehidupan sehari-hari.

Memakan buah-buahan dan sayur-sayuran menjadi salah satu poin penting PHBS, dengan mengkonsumsi itu secara langsung akan memenuhi berbagai macam vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. 


3. Produktivitas meningkat

Produktivitas erat kaitannya dengan kondisi badan yang sehat, jika fikiran dan badan kita fresh akan sangat memungkinkan untuk membangkitkan kreatifitas dan produktivitas.

Produktivitas bukan hanya sekedar aktivitas bekerja, tapi lebih dari itu seperti suasana hati yang gembira, membuat orang lain bahagia, bermanfaat untuk orang lain juga salah satu pengertian dari produktivitas. 


4. Berat badan terjaga

Manfaat selanjutnya adalah berat badan terjaga karena pola makan yang baik dari PHBS.

Berat badan yang ideal merupakan salah satu indikator kesehatan, berat badan yang terlalu berlebih akan menyusahkan bagi si penderita, begitu juga seseorang yang terlalu kurus, terkesan seperti orang yang terlalu stres dan kekurangan energi. 


5. Hidup lebih teratur

PHBS menuntut agar lebih disiplin menjalani upaya menjaga kesehatan setiap hari, dan akibatnya hidup akan lebih teratur dan lebih baik. 

Hidup lebih teratur disini adalah karena kita selalu mengupayakan kebersihan setiap harinya, hal itu menjadikan diri kita dan lingkungan sekitar terlihat bersih dan sehat. 


6. Bersikap positif

Bersikap positif adalah hasil dari fikiran yang positif, fikiran positif akan datang jika kondisi badan dan lingkungan sekitar kita bersih dan sehat.

Berfikir positif erat kaitannya dengan produktivitas, semakin positif pemikiran seseorang biasanya akan semakin produktif setiap harinya. 

Demikan berbagai manfaat jika kita selalu mengupayakan PHBS. Tentu manfaat tersebut masih sangat banyak dan akan sangat terasa jika kita melakukannya setiap hari.

Ayo tunggu apa lagi, mulai hidup bersih dan sehat sekarang juga !

Reactions

Post a comment

0 Comments