Apakah Pendidikan di Masa Pandemi itu Penting?

Apakah Pendidikan Penting?

Nama    : Arum Misfilaeli
NIM    : 1703036054


Apakah penting Pendidikan dimasa Pandemi? Sering kita bertanya-tanya tentang hal tersebut. Pasalnya banyak Sekolah-Sekolah yang ditutup karena adanya Pandemi ini. 

Sebenarnya, hal tersebut tidak salah karena untuk memutuskan rantai penyebaran Covid 19, yang sudah kita ketahui Covid 19 sangat mudah menular. 

Masyarakat beranggapan bahwa pendidikan hanya dapat didapatkan dari pembelajaran formal saja, banyak orang tua kualahan bahkan tidak membantu anaknya dalam belajar disebabkan ketidaktauan orang tua terhadap materi yang dipelajari oleh anaknya. 

Dengan adanya masalah itu kami dari KKN DR 110 bersemangat untuk melakukan pendampingan kepada anak agar tetap gigih dalam belajar walau dimasa Pandemi karena pendidikan itu sangatlah penting .  

Sangat disayangkan apabila masyarakat kita lengah  dan menganggap pendidikan sudah tidak penting lagi, padahal harusnya pendidikan adalah prioritas utama. 

Jadi apakah pendidikan dimasa pandemi itu penting? “ iya, sangat penting” karena pendidikan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain menyuarakan pentingnya pendidikan, saya juga melakukan pendampingan terhadap anak didesa Sumbaga Monggor Rt 04 Rw 04 Bumijawa, Tegal. 

Pendampingan belajar ini memberikan dampak yang positif bagi anak-anak sekitar rumah saya. Dalam pembelajaran ini saya juga sedikit menyinggung masalah penyebab Corona dan cara pencegahannya. 

Anak-anak juga wajib mencuci tangan sebelum masuk rumah untuk memaksimalkan pemutusan covuid19, meski di daerah saya alhamdulillah belum ada yang dinyatakan positif masih bisa dikatakan zona hijau.

Anak didaerah saya sangat antusias dengan adanya pembelajaran ini sekitar 50%dari populasi anak didesa, mereka rutin dan menjadi kebiasaan mereka setiap hari senin dan sabtu datang kerumah untuk belajar. 

Hal ini yang membuat saya bersemangat proses belajar anak. Sejatinya, belajar harus tetap dilakukan meski dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

Covid 19 memang merusak semua tatanan yang ada didunia, sehingga kita sebagai generasi muda harus memberikan kontribusi agar sadar pentingnya pendidikan bagi seorang anak.

Reactions

Post a comment

0 Comments