Bangun Ketahanan Pangan di Masa Pandemi - Arum Misfilaely

Pemanfaatan lahan
Nama : Arum Misfilaeli
NIM : 1703036054
 
TEGAL - Memanfaatkan lahan? Mengapa kita tidak memanfaatkan lahan sempit? Padahal sangat danjurkan, bahkan ini jadi salah satu solusi dimasa pandemi untuk mempertahankan pangan. 
 
Hal tersebut juga yang dilakukan salah satu warga di Tuwel. mereka bertanam sayuran dan bumbu-bumbu dapur. Dan memanfaatkan alat-alat seadanya untuk membuat pot.

“Dilahan seperti ini saya menanam kebutuhan bumbu dapur sehari-hari dan sayuran" kata Ibu Bariroh (18/112020). 
 
Menanam sayur dan bumbu dapur tidaklah sulit hanya saja butuh media tanam seperti pupuk dll. dilahan ini juga Bu Bariroh tidak hanya menanam sayuran tapi ada juga ikan lele yang mana ikan lele membutuhkan makanan tapi Bu Bariroh membuat makanan sendiri untuk ikan lelenya dia memanfaatkan sampah organik seperti  sayuran untuk dijadikan maggot BSF. 
 
Pemanfaatan lahan

“Jika ada niat, insyaallah bisa memanfaatkan lahan. Dan disini tetangga boleh menggambil sayuran ataupun cabe untuk buat lalapan, semoga dengan ini saya bisa membantu warga sekitar dan menggobrak warga sekitar akan pentingnya pemanfaatan lahan untuk kebutuhan kita sehari-hari” katanya.
 
Kegiatan seperti ini sangat dianjurkan sesuai konsep jogo tonggo ditengah Wabah Pandemi. Dengan memanfaatkan lahan dan menanam sayuran, kita bisa berbagi dengan tetangga.
 
Seumpama warga sekitar memanfaatkan lahan kososng seperti pekarangan maupun depan rumah ini bisa membentuk ketahanan pangan kita.

By. Arum Misfilaely

Reactions

Post a comment

0 Comments