Jaga Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

Vella Anggini Fatika 1704026175
KKN RDR 75 UIN Walisongo Semarang
Kelompok 110 Tegal Selatan

Di masa pandemic seperti ini kehidupan masyarakat hampir di seluruh penjuru dunia hampir merasakan dampak  dari virus corona secara signifikan khususnya di Indonesia. Baik dari sector ekonomi, pendidikan, kesehatan maupun politik. Pemerintah Indonesia telah memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat agar selama pandemic di usahakan menjalankan berbagai aktifitas keseharian dirumah saja, termasuk pembelajaran pun dilaksanakan secara daring. 

Tentunya dengan himbauan tersebut tidak menjadikan kita bermalas-malasan untuk melakukan aktifitas. Justru menjadi lebih produktif dan kreatif mengaplikasikan kegiatan sehari-hari. Tak terpungkiri lagi, hal utama yang sangat perlu di perhatikan selama pandemic yakni kesehatan, baik jasmani maupun rohani. 

Salah satu factor yang mempengaruhi kesehatan itu sendiri yakni kekebalan imun tubuh (jasmani) supaya  selalu bisa beraktifitas seperti biasanya. Terlebih dimasa pandemic seperti ini, oleh karena itu tetap jaga kesehatan dan tetap mawas diri serta diimbangi dengan fikiran-fikiran positif yang selalu membangun. 

Untuk lebih melancarkan aktifitas kita selama pandemic, berikut ada bebarapa tips menjaga pola hidup sehat di masa pandemik: 


1. Selalu jaga kebersihan

Kebersihan menjadi factor penentu utama seseorang untuk kestabilan dalam mengatur pola hidup sehat, apalagi di tengah pandemic seperti ini. Tanggung jawab kebersihan itu adalah tanggung jawab setiap individu. Dari kebersihan rumah hingga lingkungan, dapat diterapkan dari hal yang paling kecil seperti menyapu dan mengepel lantai rumah, merapikan tempat tidur, menutup kolam air ketika sudah tidak digunakan hal ini sekaligus dapat mengurangi perkembangan nyamuk, tidak menumpuk pakaian kotor di bak, tidak menumpuk peralatan makan di bak cuci piring, tidak membuang sampah sembarangan dan lain sebagainya.


2. Konsumsi Makanan Sehat 

Mengkonsumsi makanan sehat merupakan hal yang paling simple dan mudah untuk di lakukan di keseharian dalam menjaga pola hidup sehat. 

Gerak tubuh dan pola pikir kita pun terkadang dipengaruhi oleh konsumsi makanan. Jenis makanan seperti apa yang harus kita konsumi supaya gizi tetap seimbang dan kesehatan tetap terjaga secara stabil? Yakni makanan yang mengandung nilai gizi yang bagus, menjadikan daya tahan tubuh lebih baik dan membawa kita pada mindset positif menjadikan  yang lebih baik dalam menjalani aktifitas kehidupan. Seperti makanan kaya akan protein, zat besi dan kalsium.

Dalam mengonsumsi makanan pun alangkah baiknya tidak berlebihan atau bahkan kurang, karena Islam pun tidak menganjurkan  untuk sesuatu hal yang berlebihan, tetapi secukupnya saja. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, walaupun tidak semua.

Dalam suatu study mengenai tren diet global dalam mengonsumsi makananan yang sehat. Jurnal yang dirilis oleh The Lancet membuktikan dalam 195 negara di survey, yang masyarakatnya mengonsumsi terlalu banyak jenis makanan yang salah.

Analisis dimuat pada jurnal kesehatan Lancet ini, menemukan bahwa menu makanan yang kita konsumsi setiap harinya tenyata dapat membunuh secara perlahan disbanding dengan perokok dan kini menjadi penyebab 1 dari 5 kematian di seluruh dunia.

Oleh sebab itu menjaga asupan gizi yang baik dan sehat menjadi salah satu factor utama dalam kehidupan manusia. Terlebih di tengah pandemic seperti ini. Selain berperang melawan virus kecil, kita juga perlu adanya pertahanan diri yang kokoh supaya virus  tidak mudah menempel dan mengusik kedalam imun tubuh kita.


3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Konsumsi makanan yang sehat pun harus di imbangi dengan asupan air putih yang ckup. Karena air adalah salah satu sumber kehidupan yang sangat penting, tanpa air hidup terasa ganjal bukan? setiap manusia membutuhkan air yang cukup untuk tetap bertahan hidup. 

Anjuran yang paling simple tapi kadang susah di praktekan seperti meminum air hangat minimal 1 gelas ukuran besar, hal ini supaya badan kita dapat memulai aktifitas dengan baik karena badan sudah terisi ion yang baik, minum air putih sekiranya setengah jam ebelum makan dan sesudah olahraga biasakan meminum air putih yang tidak dingin, hangat di anjurkan.

Bukan hanya sebagai penghilang dahaga, air putih juga sebagai pelarut universal. Karena sebagian besar senyawa kimia dapat laurt dalam air yang kita minum. Hal tersebut membuktikan bahwa air putih memang sangat ampuh dan dapat menstabilkan kondisi kesehatan kita jika di konsumsi secara rutin.


Berikut ada beberapa manfaat lain dari air:

  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  • Mempengaruhi tingkat energy dan fungsi otak
  • Mencegah dan mengobati sakit kepala
  • Meningkatkan kecantikan kulit
  • Menjaga fungsi usus dan mencegah sembelit
  • Dapat mencegah batu ginjal
  • Memaksimalkan kinerja fisik
  • Membantu menurunkan berat badan


4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang benar membawa pemulihan dan menambah kekuatan. Kebutuhan seseorang dewasa untuk tidur adalah 7-8 jam setiap hari.

Tidur adalah salah satu kebutuhan manusia dan termasuk dalam kebutuhan fisiologis. Kebutuhan fisiologis yakni kebutuhan yang paling penting dan esensial. Dengan istirahat yang cukup tubuh akan dapat berfungsi secara optimal

Apabila tubuh kekurangan waktu tidur akan mengakibatkan beberapa hal: Hilang focus saat berkendara, hilang focus saat belajar, meningkatkan resiko obesitas, tingkat strees bertambah, sering lupa, penuaan dini, serta memperburuk kondisi kesehatan tubuh.


5. Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur merupakan kegiatan yang memang sudah seharusnya dilakukan oleh setiap orang demi menjaga kondisi fisik yang terus stabil. Diluar itu olahraga bukan hanya ditujukan untuk menyegarkan daya tahan tubuh saja, olahraga pun ternyata bisa meningkatkan nafsu makan,merangsang pertumbuhan lebih ideal dan meningkatkan daya pikir otak agar terus positif.


6. Patuhi Protokol Kesehatan

Meskipun pemerintah selalu menghimbau masyarakat untuk menjalankan aktivitas dirumah saja, namun sebagai manusia biasa tentu kita seringkali dihadapkan, keperluan yang ada saja, karena kita manusia biasa, butuh sosialisasi yang baik dengan siapa pun. Hingga akhirnya memutuskan untuk keluar rumah. Agar tetap terjalin silaturahim secara nyata bukan hanya secara virtual saja.

Aktivitas di luar pun tentu memiliki prosedur tersendiri yakni tetap mematuhi protokol kesehatan, misal dengan tetap memakai masker dan menggunakan hand sanitizer ketika berkunjung di tempat manapun.

Begitupun dengan kesehatan rohani, tidak kalah penting dengan kesehatan jasmani. Dengan pandemic seperti ini tentunya ada rasa kebosanan dan kejenuhan yang menghampiri. Untuk itu bagi sesorang yang bijak alangkah baiknya mengisi waktunya untuk lebih banyak beribadah, bertadarus, bertadabur dan bersyukur setelah apa yang sudah di lalui, i rumah saja adalah tempat yang sangat aman dan cocok untuk melakukan siraman rohani agar jiwa kita tidak terasa hampa, bosan ataupun resah. Senantiasa berdoa untuk segala kesulitan dan cobaan yang sudah melanda supaya lekas membaik seperti semula.

Begitulah beberapa tips tentang pola hidup sehat di masa pandemi seperti sekarang, sebagai manusia yang baik, kita harus peduli dengan rutinitas kita sehari-hari, meskipun saat ini menjalankan aktivitas lebih sering di dalam rumah, namun tetap saja pola hidup sehat itu harus senantiasa ditingkatkan.

Reactions

Post a comment

0 Comments