Masyarakat Mandiri Menghadapi Pandemi

Masyarakat mandiri


Terhitung sejak pertengahan Maret 2020 pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia. Kabupaten Tegal termasuk ke dalam zona kuning. Meningkatnya kasus positif ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protocol kesehatan.

Disisi lain, banyak masyarakat yang berupaya dalam  mencegah terjangkitnya virus Corona (Covid-19) ini. Salah satu yang dilakukan adalah membuat masker dari kain perca atau sisa jahit pembuatan baju. Masker yang dibuat dengan ketentuan yang berlaku yaitu, dengan bahan yang tidak tipis tapi menyerap udara dan berlapis dua. Selain masker, masyarakat juga membuat cairan disinfektan sederhana yang terbuat dari karbol (bias dengan pembersih lantai). 
 
Cukup dengan mencampurkan 5 liter air dengan 2 ml pembersih lantai, cairan disinfektan siap digunakan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus. Salah satunya  dengan menyemprotkan ke sekitar rumah, alat-alat elektronik, kendaraan dan benda lainnya. 

Sebagai penambah kekebelan imun dalam tubuh, masyarakat Indonesia membuat ramuan secara mandiri yaitu dengan membuat wedang jahe. Manfaat jahe bagi tubuh sangat banyak air jahe mampu meningkatkan system imun tubuh, jahe yang merupakan bumbu dapur ternyata memiliki manfaat baik bagi imun tubuh, system pencernaan, melawan peradangan, serta obat tradisional untuk pilek dan mual. Hal tersebut bias terjadi karena jahe memiliki sifat antioksidan, antiradang dan anti bakteri yang mampu memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. 
 
Kita bias mendapatkan berbagai macam manfaat jahe dengan mengolahnya menjadi minuman dengan cara direbus, atau mencampurnya dengan teh. Selain itu, kita dapat mengolahnya menjadi bumbu masakan atau produk herbal yang memiliki kandungan ekstrak jahe.
 
Selama pandemi, kita juga dihimbau untuk selalu menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker. Hal tersebut adalah salah satu usaha kita dalam memutus rantai penyebaran virus covid 19 ini. Menjaga jarak dengan menghindari kerumunan. 
 
Semua kegiatan dialihkan melalui jaringan dan dilaksanakan dirumah saja. Sering kita sebut dengan istilah WFH (Work Form Home), sekolah online serta pembatasan aktivitas masyarakat lainnya. Selama dirumah saja kita kadang kebingungan dan merasa bosan. 
 
Untuk tetap produktif selama dirumahaja ada beberapa kegiatan yang bias dilakukan diantaranya :

 

1. Membersihakan Lingkungan Rumah

Kegiatan ini dapat menciptakan kebiasaan yang baik dalam menjaga lingkungan.

 

2. Olahraga santai

Kegiatan ini dapat menjaga kebugaran tubuh dan akan berdampak pada meningkatnya imunitas seseorang.

 

3. Memelihara Tanaman Hias

Untuk mengisi kebosanan kita baiknya melakukan sesuatu yang bermanfaat seperti kegiatan memelihara tanaman hias. Selain itu bisa memperindah lingkungan rumah.

 

4. Membaca Buku

Kegiatan ini bisaa menambah wawasan kita. Karena dengan membaca kita bisa mengetahui sesuatu hal yang belum kita ketahui.

Reactions

Post a comment

0 Comments