Pentingnya menjaga kesehatan Mental saat pandemi covid-19

Kesehatan Mental
Fiki Millati (1703096082)
KKN RDR Ke-75 UIN Walisongo
Kelompok 110 tegal selatan



Pandemi saat ini tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik melainka juga dapat mempengaruhi kondisi mental setiap orang. 

Terlebih pada saat sekarang ini masyarakat dihadapi dengan adanya aturan New Normal yang mendorong masyarakat untuk beradaptasi secara cepat dengan kebiasaan baru.

Kondisi tersebut diperparah dengan adanya dampak sosial ekonomi pada masyarakat sekarang ini seperti terkena PHK(pemberhentian hubungan kerja) yang membuat masyarakat menjadi risau dengan adanya masalah pekerjaan, masalah finansial dan masalah masa depan setelah masa pandemi ini berakhir. 

Jika masalah tersebut tidak segera ditanggani maka berdampak pada masyarakat yaitu masyarakat akan menggalami gangguan kesehatan mental.

Maka dari itu, kami sarankan untuk kita semua agar mengetahui bagaimana adanya tanda-tanda gangguan dalam diri sendiri. Berikut ada beberapa tanda-tanda orang yang mengalami gangguan mental pada saat pandemi sekarang ini:

  1. Gangguan pada pola makan.
  2. Sulit berkosentrasi.
  3. Timbulnya rasa bosan dan stres terutama pada anak-anak dan remaja karena terus menerus berada didalam rumah dan harus beradaptasi dengan kebiasaan yang baru (New Normal)
  4. Rasa takut berkelebihan akan keselamatan pada diri sendiri dan orang-orang dekat. 

Jika kita semua mengalami gangguan seperti seperti diatas yang telah dijelaskan maka kita semua segera lakukan langkah-langkah untuk menanganinya :

Yang pertama melakukan aktifitas fisik, seperti melakukan kegiatan berolahraga ringan yang mampu menenagkan pikiran kita serta dapat membanggun mood yang kebih baik, contohnya seperti senam, bersepeda dipagi hari dan yang lainya karena dengan berolahraga dapat meredakan fikiran stres.

Yang kedua mengkonsumsi makan yang bergizi, pastikan pada saat pandemi sekarang ini kita bisa ubah pola makanan kita agar tetap terjaga agar mendapat asupan yang berigizi, supaya tubuh kita menjadi sehat dan imunitas kita menjadi kuat.

Yang ketiga bijak menerima informasi dari media sosial apapun, terutama pada saat pandemi sekarang ini banyak muncul berita tentang adanya virus corona yang semakin tinggi jumlahnya, pastika kita semua harus mengurangi informasi virus corona karena ketika kita intes mengenai berita tersebut dapat memicu kecemasan yang berlebihan.

Dari semua penjelasan di atas semua masyarakat harus bisa mencegah adanya hal-hal yang buruk pada saat pandemi sekarang ini, karena pada akhir sekarang ini maraknya terjadi kasus-kasus mental ilnes yang berupa stres berkepanjangan. Masalah ini bisa membahayakan pada masyarakat jika tidak ditangani dengan benar. Dalam hal ini harus dibekali dan disosialisasikan  beberapa cara untuk mencegah terjadinya kesehtaan mental pada diri sendiri pada saat pandemi.
                                       

Daftar pustaka

https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/penyakitmental

Reactions

Post a comment

0 Comments