hand sanitizer jeruk nipis

Kesehatan merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan, suatu cara untuk menjaganya dengan memelihara kebersihan tangan. 

Saat ini banyak di tawarkan pembersih tangan seperti hand sanitizer karena penggunaannya yang praktis.  

Hand sanitizer adalah produk kesehatan yang secara instant dapat mematikan kuman tanpa menggunakan air, dapat digunakan kapan dan dimana saja, seperti setelah memegang uang, sebelum makan, setelah dari toilet dll. 

Akan tetapi penggunaan alkohol secara terus-menerus pada kulit dirasa kurang aman karena alkohol merupakan pelarut organic yang dapat melarutkan sebum pada kulit, dimana sebum berfungsi melindungi kulit dari mikroorganisme. 

Untuk menghilangkan kandungan alkohol pada ketersediaan hand sanitizer, salah satu cara dengan mencoba menggunakan bahan alami.

Ada banyak tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami pembuatan hand sanitizer, salah satunya yaitu jeruk nipis. 

Jeruk nipis merupakan salah satu tanaman yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar dan banyak digunakan sebagai ramuan jamu atau campuran sebagai aroma. 

Selain digunakan sebagai aroma, perasan dari buah jeruk nipis juga mengandung senyama kimia seperti minyak atsiri yang mempunyai fungsi sebagai antibakteri yaitu flavanoid yang dapat menghambat pertumbuhan kuman pada kulit dan memiliki aroma yang khas.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Hans sanitizer alami adalah Buah jeruk nipis, Carboxi Metyl Celullose, Propylenglycol, Aquadest, Etanol, Na. metabisulfit, Nipagin, baskom kecil, piring kecil, kain flanel. 

Berikut cara pembuatan Hand sanitizer alami perasan buah jeruk nipis antara lain:

  1. Proses pembuatan sari buah jeruk dengan cara: memeras jeruk nipis dan disaring dengan kain flanel untuk memisahkan hasil perasan dengan ampasnya.
  2. Bahan-bahan semua ditimbang.
  3. Tuang perasan jeruk nipis pada baskom kecil kemudian CMC di campur dengan propilenglikol kemudian di aduk sampai permukaan serbuk CMC basah. Kemudian tambahkan aquadest sampai terbentuk gel (massa 1)
  4. Larutkan nipagin dalam etanol (massa 2)
  5. Larutkan Na. metabisulfit dalam aquadest (massa 3)
  6. Campurkan ke tiga larutan tersebut kemudian masukkan semua sisa aquadest hingga merata.
  7. Masukkan cairan hand sanitizer ke dalam botol pam berukuran 500 ml kemudian untuk mempercantik tampilan tambahkan label produksi, dan cairan hand sanitizer siap untuk digunakan.

Sanitizer yang ideal harus memiliki beberapa hal seperti menghancurkan mikroba, aktif melawan bakteri. Selain itu, sanitizer juga mampu aktif dalam lingkungan yang mengandung bahan organik seperti deterjen, sisa sabun, dan perbedaan PH. 

Untuk memenuhi standar maka telah dilakukan kegiatan ini dan hasilnya berupa hand sanitizer yang mampu membersihkan dengan baik yang ditandai dengan stabil, mudak digunakan dan tidak beracun. 

Produk hand sanitizer telah dikemas dalam bentuk sederhana dan dapat digunakan baik di rumah maupun di perjalanan.

Penulis oleh Ayu Risalatul Mu’alifah (Mahasiswa KKN RDR 75 UIN Walisongo Semarang).

Write A Comment