Panti asuhan putri aisyiah hj. rumijatun
Panti asuhan merupakan tempat atau lembaga kesejahteraan sosial yang menampung, mendidik, memelihara anak yatim, yatim piatu dan anak terlantar dan sebagai penganti orang tua/wali alam mmenuhi kebutuhannya baik secara fisik, mental an social sehingga anak asuh tersebut memperoleh kesmpatan yang sama sebagaimana anak-anak yang lain.

Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang kelompok 94 melakukan program kerja yang merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang termasuk dalam bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi. 
Mahasiswa KKN menjadi wadah untuk menyalurkan ide, berkontribusi langsung kepada masyarakat salah satunya dalam bentuk bakti social yang nantinya dapat dirasakan bagi masyarakat yang membutuhkan. Pada kondisi sekarang ini baksos bisa menjadi solusi untuk membantu masyarakat. 

Baksos atau bakti social adalah suatu wujud kepedulian social antar sesama manusia. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan menambah rasa kekerabatan terhadap orang lain. Arti bakti sosial sendiri berasal dari kata bakti yang merupakan suatu pengikat diri atau mengikatkan kepada diri orang lain sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab terhadap kehidupan sesama. Social sendiri dapat diartikan sebagai perorangan atau kelompok-kelompok  yang menjalankan wujud kepedulian dan tanggung jawab tersebut.

Kegiatan baksos ini dapat menjadi wadah pengembangan mahasiswa dibidang kepedulian yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat sebagai proses pengabdian masyarakat yang ditugaskan dalam kuliah kerja nyata. 
Kegiatan ini dilakukan di panti asuhan Hj. Rumijatun Kaliwungu Kendal dimana panti asuhan merupakan tempat bagi anak-anak yang kehidupan ekonominya kurang tercukupi. Oleh karena itu, tim KKN UIN Walisongo Semarang kelompok 94 memilih mengadakan bakti social di panti asuhan dengan bakti social berupa pembagian sembako. 

Kemudin tidak hanya itu, tim KKN UIN Walisongo Semarang juga mengadakan sosialisasi dan pengarahan kepada adik-adik yang ada di panti asuhan Hj. Rumijatun Kaliwungu yang sedang menempuh pendidikan di sekolah menengah atas dengan mengenalkan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang apabila tertarik untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perkuliahan. 
Tidak hanya itu, tim KKN juga memberi pengarahan kepada adik-adik di panti asuhan Hj. Rumijatun untuk memilih jurusan apa yang tepat yang apat diambil sesuai dengan bidang kemampuan dan keinginannya.

Write A Comment