Cara mencuci tangan yang baik dan benar

Oleh Feby Fariza Liviyani (1706026017)
Kuliah Kerja Nyata (KKN) DR 75 UIN Walisongo Semarang
Kelompok 110

Tata Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

Di tengah pandemi covid-19, mencuci tangan menjadi salah satu bagian penting di dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum melakukan kegiatan ataupun sesudah melakukan kegiatan harus mencuci tangan dengan baik dan benar sesuai dengan standard anjuran World Health Organization (WHO).

Sebenarnya, sebelum adanya covid-19 pun mencuci tangan menjadi hal atau bagian yang sangat penting, namun banyak orang yang menyepelekan pentingnya mencuci tangan. 

Menjaga kebersihan tangan adalah langkah terpenting yang dapat dilakukan secara praktis dan mudah agar mudah terhindar dari penyebaran kuman yang mematikan. 

Efektifnya ialah mencuci tangan menggunakan sabun karena surfaktan dalam sabun mengangkat tanah dan mikroba dari kulit yang mana kemudian ada bagian orang menggosok tangan dengan sabun dengan lebih teliti yang dapat menghilangkan kuman.

Mencuci tangan memang terlihat sederhana, namun kebiasaan mencuci tangan merupakan salah satu investasi jangka panjang yang dapat mengurangi penularan penyakit (Handayani 2020).

Kali ini, penulis mengajarkan bagaimana mencuci tangan dengan baik dan benar, mencuci tangan yang mudah dan praktis  kepada anak-anak sekitar rumah, yang mana mereka sering mengabaikan pentingnya mencuci tangan tanpa mereka sadari banyak kuman yang mengancam kesehatan tubuhnya.

Mencuci tangan di tengah pandemi covid-19 dianggap sebagai cara yang efektif dalam pencegahan covid-19 selain menggunakan masker dan menjaga jarak.

Melakukan cuci tangan yang baik adalah garis pertahanan pertama dalam melawan penyebaran penyakit, cuci tangan dapat membantu mencegah penyebaran penyakit mulai dari flu biasa hingga infeksi yang lebih serius seperti meningitis, bronchiolitis, flu, hepatitis A, diare hingga virus corona atau covid-19. 

Kuman dapat menyebar dengan berbagai cara dan yang paling mudah ialah ketika kita menyentuh barang atau sesuatu  yang terkontaminasi oleh kuman, disinilah pentingnya mencuci tangan dengan baik dan benar, alangkah lebih baiknya sebelum dan sesudah melakukan kegiatan ataupun menyentuh barang hendaklah segera mencuci tangan (Putri 2020).

Berikut ini adalah enam langkah cuci tangan sesuai anjuran WHO :

  1. Basahi kedua tangan dengan air kemudian ambil sabun secukupnya, gosokkan kedua telapak tangan bersama-sama.
  2. Gosok punggung tangan menggunakan telapak tangan sebelahnya. Gosok juga bagian sela-sela jari .
  3. Bersihkan jari dan buku dengan menyatukan kedua tangan.
  4. Bersihkan ujung-ujung jari dengan menggosokkan ke telapak tangan sebelahnya.
  5. Bersihkan sela ibu jari dan telunjuk dengan cara menggenggam jempol menggunakan tangan sebelahnya.
  6. Bersihkan sabun dengan air mengalir lalu keringkan dengan sempurna. Bila pelu matikan keran dengan tisu sekali pakai agar tangan tidak perlu langsung menyentuhnya, sehingga tangan bisa bersih sempurna.

Selain mencuci tangan, efektif lain dalam memberishkan tangan ialah menggunakan hand sanitizer. Namun hand sanitizer tidak dianjurkan bila kadar kontaminasi di tangan sudah berlebih. Selain itu, menggunakan alcohol untuk membersihkan tangan dapat memicu iritasi pada kulit yang sensitif (Dwiputra 2019).

 

DAFTAR PUSTAKA

Dwiputra, Krisna Octavianus. 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar Menurut WHO. Desember 20, 2019. https://m-klikdokter-com.cdn.ampproject.org/v/s/m.klikdokter.com/amp/3633892/6-langkah-cuci-tangan-yang-benar-menurut-who?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQFKAGwASA%3D#aoh=16055770779585&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshar (accessed November 17, 2020).

Handayani, dr. Verury Verona. Ini Pentingnya Mencuci Tangan dengan Sabun. Oktober 13, 2020. https://www.halodoc.com/artikel/ini-pentingnya-mencuci-tangan-dengan-sabun (accessed November 17, 2020).

Putri, Arum Sutrisni. Pentingnya Cuci Tangan. Maret 28, 2020. https://amp-kompas-com.cdn.ampproject.org/v/s/amp.kompas.com/skola/read/2020/03/28/190000069/pentingnya-cuci-tangan?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQFKAGwASA%3D#aoh=16055758509621&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=http (accessed November 17, 2020).

 

Write A Comment