ilustrasi belajar
Ilustrasi Belajar

 

RUMAHPENULIS.COM – Pembelajaran secara daring dianggap menjadi solusi kegiatan belajar mengajar agar tetap berjalan  ditengah pandemi covid-19 seperti ini. 

Walau telah disepakati, cara ini menuai kontroversi. Bagi guru, sistem pembelajaran jarak jauh hanya efektif untuk penugasan. Namun bagi siswa,  dalam hal memahami materi secara daring dinilai sulit.

Pembelajaran melalui metode daring dianggap menyusahkan bahkan membawa masalah oleh sebagian kalangan.

Selama pandemi Covid-19 ini, pembelajaran tidak bisa dilaksankan secara tatap muka. Sehingga metode daring pun diambil sebagai langkah untuk mengatasi pendidikan supaya tetap bisa terlaksanakan dengan baik.

Akan tetapi langkah pemerintah dinilai mempersulit sebagian kalangan, terlebih siswa yang tidak memiliki fasilitas yang lebih dan ditambah siswa yang tinggal dipelosok desa.

Alhasil pembelajaran secara daring dinilai kurang efektif dari sisi penyerapan materi oleh siswa.

Selain itu, kesiapan dalam penguasaan teknologi juga sangat mempengaruhi tidak efektifnya pembelajaran daring. Akibat dari masalah yang ada, membawa masalah pada lingkungan keluarga.

Ibu munawaroh merupakan salah satu orangtua yang mendampingi anaknya belajar secara daring. “lebih baik belajarnya disekolah seperti biasa, karena saya juga kurang paham pembelajaran online seperti ini. Malahan saya sering kewalahan waktu mengajari anak saya. 

Belum lagi pekerjaan rumah, ya mau masak, ngurus ini itu. Kan jadi ribet. Kalau belajar disekolah sepeti biasa kan jadi lebih enak. Anak-anak pun jadi paham dan gak malas-malasan.” Kata salah satu orangtua siswa.

Dari sinilah tidak menutup kemungkinan kalau pembelajaran daring ini pastinya menimbulkan keresahan bagi para siswa dan orangtua yang ikut andil dalam membantu anaknya mengerjakan tugas online. 

Pembelajaran daring seperti ini pastinya juga berdampak positif dan negatif bagi kita semua karena pembelajaran ini tidak dilakukan tatap muka. 

Maka dari itu, kita lebih pandai menyikapi pembelajaran daring yang sedang berlangsung ditengah pandemi ini agar setiap pembelajaran berlangsung dengan baik dan lancar.

By. Afni

Write A Comment