RUMAHPENULIS.COM – Mahasiwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari rumah adakan Kegiatan Lesehan baca anak di dk baturgedong Desa Danawarih Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal  sebagai dukungan  dari gerakan gemar baca sejak dini (05/11).

Peserta Kegiatan Lesehan baca ini adalah anak-anak yang bertempat tinggal disekitar Dk Baturgedong Desa Danawarih Kecamatan Balapulang.

Robbiatul Addawiyah peserta KKN-RDR UIN Walisongo Semarang  selaku Pelaksana Program Lesehan baca dibantu dengan beberapa rekannya Nada Fitri Hawa, Vella Anggini Fatika dan Fiki Millati yang mana sama sama sebagai Peserta KKN-RDR lainya yang tempat tinggalnya tidak jauh dari tempat pelaksanaan kegiatan Lesehan baca. 

Robbiatul Addawiyah sendiri menyampaikan bahwa Kesadaran gemar baca jika kurang dibiasakan sejak dini maka akan sulit dirubah sampai dewasa. 

“Tujuan mengadakan kegiatan Lesehan baca sendiri adalah sebagai bentuk dukungan terhadap generasi milenial khususnya anak-anak dk baturgedong Desa danawarih yang minat bacanya cukup tinggi tetapi tidak ada fasilitas yang memadai, maka dari itu kegiatan Lesehan baca ini sebagai wadah anak untuk bisa mengembangkan kreatifitas dan imajinasi anak dengan pembiasaan gemar baca sejak dini” terangnya.

Kegiatan lesehan baca ini dilaksanakan di dk baturgedong Desa  Danawarih Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal tepatnya di Halaman Mushola dk Baturgedong. 

Kegiatan Lesehan baca dilaksanakan satu minggu dua kali setiap hari Jum’at dan Ahad pada pukul 13:30 – 16:00 di hari Jum’at dan pukul 07:00 – 09:30 di Hari Ahad dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pembiasaan cuci tangan sebelum dan setelah melakukan kegiatan lesehan baca dan diwajibkan memakai masker selama proses kegiatan Lesehan baca tersebut. Kegiatan ini mempunyai peserta kurang lebih 30-40 anak.

Kegiatan Lesehan baca baturgedong ini mempunyai Jargon ”Membuka Cakrawala menuju Tak terbatas “yang mana membaca merupakan Jendela Dunia, berbagai informasi dapat diperoleh dengan membaca. Banyak membaca berarti banyak membka cakrawala pengetahuan. 

 

Anak yang terbiasa membaca sejak dini akan menimbulkan rasa percaya diri yang lebih karena anak mempunyai segudang informasi. Kegiatan membaca juga sangat banyak manfaatnya seperti melatih konsentrasi, mengembangkan imajinasi dan kreatifitas yang dimiliki anak.

Buku yang diperoleh untuk kegiatan Lesehan baca ini merupakan Hasil dari open donasi Masyarakat Desa Danawarih dan ada sebagian juga milik pribadi yang hanya dipinjamkan selama proses kegiatan Lesehan baca. 

Kegiatan lesehan baca ini sangat mendapat dukungan baik dari masyarakat sekitar “Lesehan baca sangat membantu saya sebagai orangtua karena keterbatasan waktu dan pengetahuan yang dimiliki orangtua untuk mendapingi anak belajar” ujar Atun selaku orangtua dari peserta kegiatan Lesehan baca.

By. Robiatul Adawiyah

Write A Comment